Masjid si Pitung, masjid tertua di Jakarta

Howdy,

Untuk menyambut Ramadhan, saya membuat artikel tentang 5 mesjid fenomenal di Jakarta. Mesjid Si Pitung adalah mesjid pertama yang akan kita kunjungi.

Mesjid Si Pitung bernama asli Mesjid Al Alam, terletak di daerah Marunda, Jakarta Utara. Lokasinya dekat rumah peninggalan jagoan Betawi tersebut. Mesjid Al Alam dibangun oleh Wali Allah, tapi ada juga yang mengatakan dibangun oleh Sunan Gunung Jati. Konon kabarnya pula, mesjid ini dibangun cuma dalam waktu semalam saja. Wallahualam bisawab… 😊

Mesjid Si Pitung
Mssjid Si Pitung

Didalam bangunan utama mesjid terdapat 4 pilar kokoh yang melambangkan 4 sahabat Nabi Muhammad SAW. Sedangkan untuk bagian imam, bentuknya menjorok ke dalam tembok dan cuma cukup untuk 1 orang saja. Bagian ini juga dihiasi oleh batu giok. Wow…luar biasa… 😎

Mesjid Si Pitung
Mesjid Si Pitung

Bangunan mesjid Al Alam berarsitektur perpaduan Jawa dan Betawi. Uniknya, atap mesjid berbentuk joglo bukan kubah. Interior mesjid bernuansa Betawi, tetapi pendopo mesjid berarsitektur khas Jawa.

Mesjid Si Pitung
Pendopo Mesjid Si Pitung

Di sebelah kanan mesjid terdapat sebuah sumur kuno yang juga punya cerita sendiri. Konon katanya, air sumur ini punya bermacam rasa sehingga dinamakan sumur 3 rasa. Ada juga yang percaya bahwa air sumur ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Saya sendiri berkesempatan bewudhu dengan air sumur dan merasakan bahwa rasa air seperti manis jambu. Aneh juga, secara sumur itu terletak di pinggir laut, seharusnya air sumur berasa asin.

Mesjid Si Pitung
Sumur 3 rasa

Lebih aneh lagi, sumur ini tidak pernah kering walaupun sudah berunur ratusan tahun. Ya, mesjid Al Alam memang dibangun sekitar abad ke 17, sehingga termasuk mesjid tertua di Jakarta dan termasuk cagar budaya yang dilindungi oleh negara.

Oh ya, bagi yang mau berkunjung ke mesjid Si Pitung ini, sebaiknya sebelum magrib. Karena akses jalan menuju kesini agak sulit, sehingga cuma kendaraan roda 2 yang bisa parkir di halaman mesjid.

Mesjid Si Pitung

    Mesjid Si Pitung

Untuk parkir kendaraan roda 4, lokasinya dekat rumah Si Pitung. Kita harus jalan kaki cukup jauh sekitar 500 m dan melewati rawa-rawa agak bau serta bangunan sekolah yang sudah tidak dipergunakan lagi. Ada kesan “horor” 😁 kalau lewat jalan tersebut pada saat matahari sudah tenggelam.

Nah, mesjid fenomenal selanjutnya adalah Masjid Cut Meutia. Simak artikelnya disini.

2 thoughts on “Masjid si Pitung, masjid tertua di Jakarta

  • June 6, 2017 at 3:09 pm
    Permalink

    heran, sebelah mana ya masjidnya… waktu aku maen ke rumah pitung kok gak nemu masjid ini ya

    Reply
    • June 22, 2017 at 11:12 am
      Permalink

      Lokasi mesjid ini agak tersembunyi. Jadi kalau dari Rumah Si Pitung, ada jembatan kali kecil. Sebelum jembatan ada jalan masuk ke kiri, menyusuri kali kecil tsb. Hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau naik motor. Jaraknya sekitar 1 km kedalam. Atau bisa langsung bertanya dengan penduduk setempat. Kalau melihat Google Map, bisa memasukkan kata kunci Masjid Al Alam,nama lain dari Masjid Si Pitung. Terima kasih Mas, selamat berkunjung ke Mesjid Si Pitung.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *