Jelang Usia Emas 50 tahun dengan tubuh sehat dan hati bahagia

Hallo teman2 semua…..

Kali ini saya mau membahas tentang “the golden age” atau usia emas alias “jelita” jelang 50 tahun. Wow…ternyata masih banyak lho mereka yang jelita tapi tetap energik dalam melakukan kegiatan sehari-harinya. Kerut-kerut di wajah juga masih samar, dan penampilan masih seperti usia 30an. Saya sering bertemu dengan orang-orang yang masih keliatan seumuran dengan anak-anak mereka yang sudah berusia 25 tahun atau lebih. Bahkan ada lho teman saya yang justru dikira anaknya dan sang anak yang dikira ibunya…hahaha…

Pola makan yang seimbang

Di usia ini, sebaiknya kita mengurangi asupan daging merah dan makanan manis serta berlemak. Asupan karbohidrat juga sudah mulai dibatasi. Untuk sarapan, kita bisa memilih menu  oatmeal yang dicampur dengan susu nonfat. Supaya tidak bosan, bisa ditaburi satu sendok kismis  atau parutan keju. Tentu saja dimakan selagi hangat, supaya rasanya masih nyaman di mulut dan perut. Pilih buah-buahan segar sebagai camilan sebelum waktu makan siang. Buah naga merah, pear, semangka atau melon adalah buah-buahan yang banyak mengandung air dan vitamin C yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Waktu makan siang, adalah saat kita untuk menikmati makanan yang sesuai dengan selera kita. Tetapi tetap dalam batas-batas kewajaran. Silakan saja teman-teman mau makan apa saja.

Buah naga merah

Saya sendiri masih suka makan nasi kebuli kambing, soto betawi, atau nasi padang rendang. Tapi ingat lho, semua itu harus diimbangi dengan sayur atau buah-buahan sebagai seratnya. Usahakan setiap hari ada menu buah dan sayur yang masuk ke dalam perut kita.  Cholorophyll Plus dari Synergy dapat menggantikan kebutuhan akan asupan sayuran. Mengandung 60 jenis nutrisi dan 1 sendok setara dengan 1 kg sayuran. Berfungsi untuk membersihkan racun dalam tubuh, seperti darah, ginjal dan organ lainnya. Untuk camilan sore, satu atau dua potong pisang goreng atau setangkup roti bakar. Tapi camilan itu tidak boleh dikonsumsi setelah jam 5 sore yaa.

Nah, untuk dinner, siapkan semangkuk besar potongan buah-buahan segar serta segelas susu nonfat. Kalau mau teh manis, juga boleh, tapi pergunakan pemanis non kalori yaa…hehehe…

Produk Synergy yang dapat menggantikan dinner adalah kombinasi Maximum Protein dan Nutriburst, berupa susu bubuk coklat dan vitamin dengan nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh.

Chlorophyll Plus

 

 

 

 

 

 

 

Maximum Protein  & Nutriburst

Olahraga yang sesuai

Hindari jogging dan aerobik. Karena jogging dapat membuat lutut kita cedera, dan aerobik hanya cocok untuk mereka yang masih berusia dibawah 40 tahun. Sadar diri aja laaah yaaawww…hihihihi… Menurut para ahli, olahraga yang paling tepat untuk usia golden age adalah renang. Karena renang dapat memperlambat osteoporosis dan mengurangi radang sendi. Renang juga sangat baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan otot & tulang, meredakan stress serta meningkatkan kebugaran tubuh (Sumber : Informasi Manfaat Co.Id. edisi 4/8/2014 penulis Yuli Yana). Alhamdulilah, renang adalah olahraga saya sejak anak-anak dan sampai sekarang masih rutin saya lakukan seminggu 2x.

 

Tekuni Hobby

Salah satu cara untuk mengurangi stress adalah dengan menekuni kegiatan yang teman-teman sukai atau hobby. Yang suka berkebun, mungkin bisa melakukan kegiatan menanam tanaman yang menghasilkan. Misalnya tanaman2 organik seperti sayuran, tomat, dan cabai. Saya sendiri suka memotret. Jadi saya punya waktu khusus untuk hunting foto bersama teman2, bisa keluar kota atau ke tempat2 yang menarik di dalam kota. Selain itu saya juga suka menulis, yang bisa saya lakukan kapan saja ketika saya mendapat ide.

Menekuni hobby photography

Hangout dengan teman2 yang seusia

Sempatkan waktu untuk bertemu, berkumpul dan bercengkrama dengan teman2 yang seusia. Dengan adanya medsos, kita dengan mudah mengadakan acara kopdar dengan teman sekolah dulu. Dari jenjang SD, SMP, SMA dan kuliah, yang pasti mereka seumuran dengan kita. Ada fenomena yang pasti semua merasakan. Walaupun fisik sudah berubah, tapi di mata kita, teman2 seangkatan masih tetap sama seperti puluhan tahun yang lalu. Demikian pula penilaian mereka tentang diri kita. Kadang saya suka tertawa sendiri, kalau diperlakukan oleh teman2 seperti “gadis kecil yang baru kenal dunia”…hahaha…

Hangout dengan teman-teman seusia

Berdoa dan Bersyukur

Perbanyaklah doa, karena doa dapat merubah yang mustahil menjadi nyata. Doa bisa merubah hati yang resah menjadi tenang. Karena dengan berdoa, kita bisa merasakan bahwa Tuhan begitu dekat dengan kita. Dan itu membuat kita merasa tidak sendiri lagi. Agama apapun didunia ini, selalu mengajarkan umatnya untuk selalu bersyukur. Bersyukur untuk nikmat iman, kesehatan, rejeki dan juga kebahagiaan. Salah satu wujud dari bersyukur adalah dengan memperbanyak sedekah. Berapapun besarnya, semua orang yang kekurangan pasti akan senang menerima sedekah. Sedekah bisa disalurkan ke panti asuhan, panti jompo atau crisis center. Dengan mengambil anak asuh, itu juga merupakan sedekah.

Rutin Medical Check Up

Suka atau tidak suka, kita harus mengakui bahwa kondisi tubuh kita sudah berbeda, demikian pula dengan organ2 tubuh bagian dalam. Lakukan MCU rutin seluruh tubuh minimal 6-12 bulan sekali. Ingat pepatah lebih baik mencegah, daripada mengobati penyakit. Tidak ada alasan untuk menunda MCU. Di kota2 besar, sudah banyak rumah sakit yang mempunyai fasilitas MCU di hari Sabtu dan Minggu. Jadi untuk mereka yang masih terikat jam kantor, bisa memanfaatkan fasilitas ini. Salah satu rumah sakit yang punya fasilitas ini adalah RS Premier Jatinegara Jakarta Timur.

 

Teman2, semoga tulisan ini bisa menjadi masukan untuk teman2 semua. Jangan berkecil hati bila usia sudah memasuki golden age. Tetap semangat menjalani hidup ini dan syukuri apapun yang kita miliki. Keluarga yang saling menyayangi dan teman2 yang selalu mendukung adalah sumber kebahagiaan yang selalu harus kita syukuri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *