Al Kausar Islamic Boarding School : Sekolah calon pemimpin masa depan

Howdy,

teman-teman lagi bingung cari islamic boarding school untuk SMP dan SMA?

Sudah pernah berkunjung ke lokasi Al Kausar Islamic Boarding School sekolah calon pemimpin masa depan, yang terdiri dari SMP Internat Al Kausar dan SMA Insan Cendekia Al Kausar?

Kompleks sekolah yang terletak di kaki Gunung Salak ini, mengusung konsep boarding school berdasarkan nilai-nilai Islami tetapi tetap mempunyai murid laki-laki dan perempuan. Untuk proses belajar mengajar, tidak ada pemisahan antara murid laki-laki dan perempuan. Tetapi untuk asrama, tentu saja ada perbedaan lokasi walaupun masih dalam area kompleks. Bahkan untuk mesjid, juga terpisah, ada mesjid khusus laki-laki dan khusus perempuan.

Pendiri Al Kausar

Al Kausar Islamic Boarding School berada dibawah naungan Yayasan Al Kausar yang dimiliki oleh Ibu Sri Rahayu Fatimah Mohdar binti Habibie. Beliau bersama almarhum suaminya, Bpk. Muchsin bin Mohdar bin Syech Abubakar, mendirikan sekolah ini pada tahun 1997, dengan berbekal pada kesadaran, idealisme, dan semangat untuk mendirikan suatu lembaga pendidikan Islam yang mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang ilmu pengetahuan dan berakhlak mulia.

Hal itu juga dapat kita simak dari pendapat Bpk. Prof. DR. B.J. Habibie sebagai Presiden RI ke 3 ketika berkunjung ke lokasi. Beliau mengatakan bahwa: “Untuk bisa meningkatkan kualitas SDM Indonesia, khususnya anak didik yang sedang duduk di bangku sekolah, kita membutuhkan tiga poin penting. Yakni pembudayaan, pengetahuan dan pendidikan. Merujuk pada tiga poin diatas, saya menemukan hal itu pada pola pendidikan di Al Kausar”.

Yuuk kita bahas 3 poin penting yang ada di Al Kausar Boarding School seperti yang dikatakan oleh Bpk. Prof. B.J. Habibie tersebut diatas.

Pembudayaan

Al Kausar Boarding School berada di wilayah Jawa Barat yang indentik dengan budaya Sunda. Dimana bumi dipijak, disanalah langit dijunjung. Jadi kebudayaan Sunda mendapat porsi utama dalam pengenalan budaya Nusantara di sekolah ini. Kegiatan pembelajaran budaya Sunda yang rutin dilakukan antara lain Alka Nyuda. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 7,8 dan 9 ini diselenggarakan dengan format kompetisi antar kelas. Adapun yang dilombakan adalah kreatifitas nama dan yel-yel dalam istilah Sunda, menebak makanan dana minuman khas Sunda, menebak lagu Sunda, lomba Kaulinan Barudak Sunda, lomba menyusun dan menjelaskan babasan dan paribasa, peta buta wilayah Sunda serta tampilan seni Sunda.

Selain itu ada kegiatan homestay di desa-desa Jawa Barat, kunjungan ke Museum Sri Baduga untuk lebih mengenal Jawa Barat, belajar seni angklung dan juga mengikuti workshop penulisan aksara Sunda.

Pengetahuan

Pada saat seseorang memakai akal budinya untuk mengenali suatu kejadian tertentu yang belum pernah dirasakan sebelumnya itu dapat memunculkan sebuah Pengetahuan. Contoh Pengetahuan: Seseorang yang mencicipi buah yang belum pernah dimakannya, maka orang tersebut akan memperolah pengetahuan yaitu tentang rasa, bentuk, ukuran, nama buah.

Para siswa diberi kesempatan seluas-luasnya untuk memupuk pengetahuan mereka. Melalui pelatihan dan praktek kerja lapangan, para siswa akan menemukan hal nyata dari bermacam teori yang telah mereka pelajari. Studi Tour Geography, Study Tour IPA dan Ekonomi ke berbagai perusahaan, ajang Alphaseismic setiap tahun, pelatihan pengolahan sampah organik, mengikuti berbagai macam kompetisi matematika, fisika, kimia, bahasa, sains dan teknologi dan lain sebagainya.

Alumni ALKA 85% diterima di PTN dan PTS pilihan

Pendidikan

Dengan konsep pendidikan sekolah berasrama (internat) yang memadukan kurikulum nasional dan penanaman nilai-nilai ke-Islaman, tentu ini merupakan perpaduan yang tepat dan kondusif untuk terciptanya sebuah sekolah yang dapat mengembangkan potensi murid secara komprehensif meliputi ranah afektif, kognitif dan psikomotorik yang diaplikasikan dalam pembelajaran di sekolah, asrama maupun kehidupan sehari-hari. Ini sangat sesuai dengan visi sekolah ini yaitu : Menjadi sekolah terbaik yang dapat menghasilkan calon-calon pemimpin masa depan yang berkepribadian Islami, menguasai iptek, terampil dan mandiri.

Selain sarana belajar seperti ruang kelas yang nyaman, perpustakaan dan laboratorium yang lengkap, fasilitas seperti layaknya di rumah juga tersedia. Misalnya waktu makan sebanyak 5x yaitu sarapan, makan siang, makan malam dan 2x snack. Fasilitas laundry juga tersedia secara cuma-cuma, setiap orang diperbolehkan membawa pakaian kotor sebanyak 6 helai setiap hari. Pakaian bersih dapat diambil kembali keesokan harinya.

Untuk eskul, setiap murid diwajibkan mengikuti 3 jenis eskul yaitu : renang, panahan dan bela diri. Sedangkan untuk eskul pilihan, hanya diperbolehkan 1 saja, bisa dipilih : futsal, basket, gitar dan masih banyak lagi.

Area eskul panahan
Lapangan futsal merangkap lapangan basket

Wow, rasanya gak ada habisnya kalau berbicara tentang sekolah ini. Kalau teman-teman ingin tahu lebih banyak lagi tentang Al Kausar Boarding School, apa saja kegiatannya yang lain, silakan lihat di www.alkausar.sch.id

Oh ya, Al Kausar juga membuka kesempatan kerjasama dengan para investor yang berminat ingin membangun sekolah di lokasi yang sesuai dengan keinginan para investor. Kerjasama bisa dalam bentuk penyediaan tenaga para pengajar yang telah dipersiapkan sesuai dengan standard Al Kausar. Bila bapak/ibu berminat, bisa langsung menghubungi Al Kausar untuk bertemu dengan pemilik langsung Ibu Rahayu Habibie. Beliau ada di lokasi setiap hari Rabu.

Al Kausar Islamic Boarding School

Jl. Habib Desa Babakan Jaya, Parung Kuda, Sukabumi, Jawa Barat

Telp.: 0266.734576 – Fax.: 0266.734577
0813-1422-4223 ( Ust Ono Imron Rosadi ),
0851-1004-1597 ( Ust Asep ).
Email : info@alkausar.sch.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *